ABM Menjadi Tolok ukur Bakat dan Minat Siswa kelas XII MA AL ISLAM JORESAN

Regulasi terbaru di tahun pelajaran 2023/2024 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang di peruntukkan kepada kelas XII adalah Asesmen Bakat dan Minat atau yang lebih di kenal dengan ABM.

Asesmen bakat dan minat merupakan tolak ukur yang sangat penting dalam membantu siswa menentukan arah karier yang sesuai. Dalam sebuah dunia yang semakin kompleks, siswa sering kali dihadapkan pada berbagai pilihan karier yang beragam. Oleh karena itu, asesmen bakat dan minat dapat membantu siswa lebih memahami apa yang mereka sukai dan apa yang mereka kuasai dengan baik.

Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo dalam hal ini Seksi Pendidikan Madrasah mendorong semua Madrasah Aliyah di Ponorogo untuk memaksimalkan dalam pelaksanaan ABM yang tahun ini pertama kali dilaksanakan.

Asesmen bakat dan minat tidak hanya membantu siswa dalam memilih karier yang sesuai, tetapi juga memiliki manfaat lain, antara lain:
-Meningkatkan Motivasi: Ketika siswa merasa terhubung dengan minat dan bakat mereka, motivasi mereka untuk belajar dan berkembang akan meningkat.
-Meningkatkan Kepuasan Pribadi: Siswa yang mengikuti karier yang sesuai dengan minat mereka cenderung lebih puas dengan pekerjaan mereka.
-Mengurangi Ketidakpastian: Asesmen bakat dan minat membantu siswa mengurangi ketidakpastian terkait pilihan karier di masa depan.
-Meningkatkan Produktivitas: Siswa yang memilih karier yang sesuai dengan minat mereka cenderung lebih produktif dan berkinerja lebih baik.

Imron Ahmadi, kepala Madrasah Aliyah Al Islam Joresan menjelaskan, Asesmen Bakat Minat akan membantu siswa memberikan gambaran tentang bakat dan minat masing-masing siswa, baik untuk melanjutkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau pun untuk memasuki dunia kerja. Hasil Asesmen Bakat Minat akan valid dan bermanfaat apabila setiap peserta melaksanakannya dengan penuh kejujuran dan bersungguh-sungguh, karena yang akan dihasilkan adalah gambaran diri masing-masing peserta.

Pelayanan ABM di satuan pendidikan bertujuan untuk memberikan informasi ke satuan pendidikan mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya. ABM juga bermanfaat untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi.

Ditambahkan, Hasil ABM ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada siswa siswi Madrasah Aliyah Al Islam Joresan Al-Islam mengenai bidang keahlian yang tepat, sehingga dapat menimbulkan motivasi dan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Aspek yang diukur dalam Tes Bakat terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan Tes Minat.

Dalam pelaksanaan ABM tahun ini, sebanyak 229 siswa Al Islam Joresan terdaftar sebagai peserta yang terbagi menjadi 7 sesi. Karena menggunakan 2 laboratorium Komputer dan terbagi kedalam 4 hari Mulai Senin sampai Kamis (13-16 November 2023).

Asesmen bakat dan minat di Madrasah Aliyah Al-Islam Joresan adalah langkah penting dalam membantu siswa mencapai potensi terbaik mereka. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang minat dan bakat mereka, siswa dapat membuat pilihan karier yang lebih bijak dan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses di masa depan.

Selanjutnya Hasil ABM masing masing peserta didik dapat dilihat pada link berikut ;

RAPORT ABM KELAS 12 TAHUN 2023


Comments

2 responses to “ABM Menjadi Tolok ukur Bakat dan Minat Siswa kelas XII MA AL ISLAM JORESAN”

  1. Nadif husen al-kindi Avatar
    Nadif husen al-kindi

    Jetis ponorogo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *