Mengasah Soft Skill Anggota, Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam Melakukan Kunjungan Ilmiah di UD Berkah Melon “ADIDA”, Kaponan

Komunitas Ilmiah Santri (KIS) adalah wadah santri untuk mengembangkan minat dan bakatnya, terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Beberapa program kerjanya memiliki tujuan untuk mengasah soft skill santri, salah satunya adalah program kerja kunjungan ilmiah. Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam melakukan kunjungan ilmiah pada, Jumat, 27 September 2024 di UD Berkah Melon “ADIDA” yang beralamatkan di Desa Kaponan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo.

Kunjungan ini merupakan suatu kegiatan untuk menambah pengetahuan serta pengalaman yang akan berguna untuk para santri, baik dari segi ilmu, kreativitas, maupun semangat dari narasumber.
Para santri berangkat ke tempat kunjungan pada pukul 07.00 WIB dan sampai di tempat pukul 07.45 WIB. Sambutan hangat oleh pemilik budidaya melon beserta timnya menyambut kedatangan para santri. Ketika waktu menunjukan pukul 08.00 WIB maka tandanya acara akan segera dimulai. Kegiatan ini terdiri dari II sesi, sesi yang pertama diawali dengan membaca do’a sekaligus sambutan dari Ustadzah Ani Hidayatul Munawaroh.

Materi pada sesi pertama disampaikan oleh Ustadz Irfan Setiadi tentang bagaimana cara penyemaian benih melon hingga menanamnya di green house untuk selanjutnya dibesarkan menjadi melon yang siap untuk dijual dan dikonsumsi. Berawal dari kegiatan sampingan bersama istri, kini Ustadz Irfan bisa membuka lapangan pekerjaan untuk beberapa tetangganya. Selain itu UD Berkah Melon “ADIDA” memiliki ribuan pohon melon jenis “intanon” yang setiap panen bisa menghasilnya beberapa ton buah. Kualitasnya pun tidak diragukan lagi. Melon merupakan buah yang memiliki umur cukup pendek, sehingga dari awal penyemaian hingga panen hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 bulan. Berbeda dengan tanaman buah yang lain, demi menjaga kualitas buah, pohon melon di UD Berkah Melon “ADIDA” setiap sekali panen akan ditanam pohon yang baru. Menurut pemaparan pemilik budidaya ini, pohon melon tidak akan menghasilkan buah yang bagus jika dipanen lebih dari 1 kali, karena melon merupakan salah satu buah berumur pendek.

Para santri mendengarkan dan mencatat pemaparan materi dengan sangat antusias. Selanjutnya sesi yang ditunggu-tunggu tiba. Sesi kedua para santri diajak langsung oleh pemilik kebun untuk melihat langsung ke green house melon. Di sana para anggota KIS dapat menganalisis dan mengetahui langsung tahapan pertumbuhan melon. Mereka terlihat sangat antusias ketika berada di dalam green house dan aktif bertanya-tanya kepada Ustadz Irfan Setiadi dan beberapa pekerja lainnya. Kegiatan kunjungan diakhiri setelah jam menunjukkan pukul 10.00 WIB, para santri beserta pembimbing berpamitan kepada pemilik budidaya ini.

Kunjungan ilmiah oleh Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam di UD Berkah Melon “ADIDA” berjalan dengan lancar. Para anggota KIS pulang dengan semangat dan termotivasi. Setelah mengetahui bagaimana sulitnya membudidayakan melon, diharapkan para anggota KIS bisa mengambil pelajaran dan meningkatkan soft skill mereka ketika sudah lulus nanti.

(Nadya Nur Azizah, kelas 5A)


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *