Membanggakan, Siswa Al Islam Joresan Lolos Sebagai Paskibraka Propinsi Jawa Timur 2024

Tiada Hari Tanpa Prestasi, motivasi Kepala MA Al Islam terus mampu ditindaklanjuti oleh keluarga besar Al Islam Joresan. Setelah berhasil mengirim siswa siswinya ke Raimuna Nasional 2023, Raimuna Daerah Awal tahun 2024, menjadi Madrasah terbanyak siswanya yang mendapat tiket KSM ke Propinsi Jawa Timur 2024, kabar menggembirakan bahwa Satu siswanya terpilih sebagai Paskibraka tingkat Propinsi Jawa Timur.

Berdasarkan Surat keputusan dari Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur tertanggal 8 Juli 2024, perihal pengumuman Seleksi Paskibraka tingkat Propinsi Jawa Timur, Al Islam Joresan berhasil mengirim peserta didiknya menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Propinsi Jawa Timur dalam rangka peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tahun 2024.

Paskibraka merupakan ikonik tahunan dalam peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang mengemban tugas mengibarkan dan membawa baki sang saka merah putih, menjadi cita – cita setiap pelajar dan kebanggaan tersendiri bagi mereka yang terpilih. Seperti halnya Bilqis Zuhriyya Hidayat.

Bilqis Zuhriyya Hidayat siswi asal Berek, Pucanganom Kebonsari Madiun ini merupakan pelajar kelas VA, atau dikenal dengan XI IPA 1 MA Al Islam Joresan. putri dari Bapak Henri Hidayat dan ibu Yuni Mariana ini mengikuti seleksi administrasi sebagai anggota Paskibraka di bulan Maret 2024 ketika masih duduk di kelas X atau kelas Empat. Sejak di jenjang MTs telah aktif di ekstra Pramuka dan anggota Marching Band GANESHA Pondok Pesantren Al Islam Joresan. Tidak hanya aktif namun bilqis terpilih menjadi anggota Paskibraka kabupaten Ponorogo ketika lolos seleksi akademik dan non akademik. Sebuah penghargaan emas saat seleksi tersebut mendapat kesempatan diikutkan oleh pemkab Ponorogo untuk masuk seleksi paskibraka tingkat Propinsi Jawa Timur.

“Seleksi pertama, ada seleksi administrasi kemudian seleksi psikotes dan tes kesehatan. Kemudian ada tes parade, di tes ini kami harus berdiri lama sekali. Ada juga tes Samapta, di tes ini benar – benar diuji ketahanan fisik dan jasmaninya jadi ada tes push up, lari, sufftle run, tes PBB dan tes pantaukir. Bagi peserta yang tidak lolos, diberikan motivasi dan bagi yang lolos akan diberikan pengarahan lebih lanjut,” jelas Bilqis.

Kesempatan luarbiasa setelah diterima sebagai Anggota Paskibraka kabupaten Ponorogo, Bilqis ditunjuk untuk mewakili kabupaten Ponorogo untuk seleksi di tingkat Propinsi Jawa Timur. Dan kesempatan ini tidak disia-siakan oleh santri yang mengambil peminatan IPA ini untuk tetap semangat untuk berhasil.
“Kami sudah siap mengikuti segala arahan dari para pelatih. Mulai besok sudah karantina dan baru pulang tanggal 18 Agustus.”tambahnya.

Saat ditanya, formasi yang mana yang disukai, Bilqis menyampaikan semua adalah istimewa. Masuk seleksi paskibraka tingkat Propinsi itu sudah luar biasa.
“Tidak ada yang istimewa dari formasi – formasi tersebut karena 70 Paskibraka nantinya bertugas semua dalam pengibaran sang saka merah putih,” tambahnya.

Henri, orang tua Bilqis menjelaskan bawa ia sebagai orang tua sangat mendukung segala kegiatan yang putrinya lakukan, selagi kegiatan itu positif. Motivasi dari bapak Bilqis yang juga kepala madrasah ibtidaiyah di Kebonsari Madiun ini.

Dengan terpilihnya Bilqis Zuhriyya sebagai anggota Paskibraka tingkat Propinsi Jawa Timur ini merupakan catatan sejarah pertama kalinya siswa Madrasah di Ponorogo yang bisa masuk ke tingkat propinsi. diharapkan oleh kepala Madrasah dengan prestasi ini dapat memberikan motivasi kepada adik – adik kelasnya. Tidak ada usaha yang tidak menunjukkan hasil. Pihak madrasah juga berharap Siswanya yang masuk paskibraka Propinsi ini dapat melaksanakan tugas dengan sebaik – baiknya.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *