Wawancara Eksklusif dengan Ilma “Alumni Al Islam berprestasi”, Wisudawan terbaik dan tercepat di Universitas Brawijaya 2024

Setelah hadirnya 11 guru besar Alumni Al Islam, tahun 2024 muncul lagi prestasi gemilang dari alumni Al Islam angkatan tahun 2020. Betapa tidak, Aghnia ilma tercatat sebagai Wisudawan terbaik Universitas Brawijaya Malang tahun 2024.

9 Juni 2024 hari bersejarah bagi Aghnia ilma, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris fakultas ilmu Budaya UB dinobatkan sebagai wisudawan terbaik dan tercepat dalam wisuda Sarjana. Dengan IPK 3.97 Dengan masa belajar yang ditempuh 3 tahun 3 bulan.

Berikut, wawancara Eksklusif team media MA Al Islam Joresan dengan Mbak ilma, alumni yang berasal dari Gandu Mlarak Ponorogo setelah pelaksanaan Wisuda.

Bagaimana perasaannya mbak menjadi wisudawa terbaik di Fakultas FIB?
~Sangat tidak menyangka ustadz, saya tidak menyangka akan menjadi wisudawan terbaik.

Berapa IPK anda dan berapa lama IPK tersebut anda dapat?
~IPK saya 3,97 dan lulus dalam jangka waktu belajar 3 tahun 3 bulan. sesuatu yang di luar bayangan dan ekspektasi saya.

Kiat belajarnya bagaimana bisa mencapai titik menjadi wisudawan terbaik ini?
~Tidak ada teknik belajar khusus yang saya lakukan selama ini, bahkan SKS (Sistem Kebut Semalam) tidak jarang saya lakukan. Tetapi yang paling penting adalah, kerjakan tugas atau project sebaik dan semaksimal mungkin, di kelas jangan tidur, aktif di dalam kelas, dan perhatikan penjelasan Bapak/Ibu dosen dengan baik, kalau bisa catat serinci mungkin, karena sering kali yang keluar dalam ujian bukanlah materi yang tertulis di buku ataupun PPT yang diberikan Bapak/Ibu dosen tetapi penjelasan tambahan dari buku atau PPT tersebut yang dijelaskan di dalam kelas.

Pengalaman apa yang berkesan semasa kuliah?
~Magang di Gugus Jaminan Mutu (GJM) FIB UB saat liburan semester 4, menjadi panitia English Camp di semester 5 bersama Bapak/Ibu dosen Pebasis (Pendidikan Bahasa Inggris) FIB UB, menjadi asisten penelitian 3 dosen saya dan membantu pengabdian masyarakat 2 dosen saya di Pebasis dan berujung saya mengikuti program Fast Track karena mendapat rekomendasi dan beasiswa dari dosen Profesor saya, untuk melanjutkan studi S2 di Ilmu Linguistik FIB UB.

Selain kuliah apa ikut kegiatan organisasi/lainya?
~Selain kuliah, saya hanya mengikuti satu organisasi, yaitu AEELS (Association of English Language Education Students), himaprodi Pebasis, di semester 1 sampai semester 2. Di organisasi tersebut saya kebetulan adalah bagian dari Admission dan menjadi koordinator admission di lebih dari 6 program kerja. Lalu semester selanjutnya, saya lebih banyak bergabung di project penelitian dan pengabdian masyarakat dosen saya.

Bisa disebutkan prestasi yang diraih selama kuliah?
~Saya hanya berhasil mendapatkan 1 prestasi kejuaraan, yaitu menjadi juara 1 lomba Teaching Innovation and Media di English Language Pedagogical Tournament (EL PATRON), Humanities Studies Competition 2023.

Apa yang melatar belakangi anda memilih Prodi pendidikan bahasa inggris.
~Tidak ada alasan khusus dalam memilih Prodi ini, tetapi karena saya suka Bahasa Inggris yang berawal dari kegemaran saya menonton film dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris, dan kebetulan saya suka mengajar, jadi akhirnya untuk kuliah, saya memutuskan untuk memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Apa kegiatan anda setelah wisuda hari ini?
~Kebetulan saat ini saya sedang mengikuti program Fast Track di S2 Ilmu Linguistik FIB UB, jadi saat ini saya fokus ke studi S2 saya.

Rencana anda setelah lulus dari studi S2 apa?
~Setelah lulus dari studi S2, saya berencana untuk meniti karir saya dalam menjadi guru Bahasa Inggris dengan bergabung di lembaga sekolah formal disambi dengan apply pekerjaan sebagai tutor di bimbel, sekaligus melanjutkan studi S3 saya, tetapi saya masih belum menentukan mau lanjut S3 di dalam atau di luar negeri. Let’s just have lots of plans, ikhtiar, and give it to Allah for the result.

Untuk cita-cita kedepannya ingin menjadi apa mbak?
~Saya ingin mencoba menjadi guru Bahasa Inggris di tingkat SMP/SMA, dan setelah beberapa waktu tertentu saya ingin menjadi dosen Bahasa Inggris di salah satu universitas di Indonesia.

Hobi atau kegiatan apa yang anda lakukan di saat waktu luang?
~Saya sering mengisi waktu luang saya dengan fangirling beberapa group K-POP seperti NCT, Aespa, dan Baby Monster. Akhir-akhir ini saya lebih sering menghabiskan waktu luang saya dengan menonton drama Korea ataupun drama Cina.

Apa judul skripsi anda, dan kenapa mengambil judul itu?
~Judul skripsi saya adalah “Personality Competence and Pedagogical Competence of Pre-Service English Teacher in Teaching Secondary Level Students”. Alasannya adalah berawal dari curiosity atau rasa penasaran saya dengan bagaimana kemampuan guru Bahasa Inggris pra-jabatan khususnya di Pebasis setelah selesai melaksanakan P4 (Program Pengenalan dan Pengelolaan Pembelajaran), sebuah program praktik mengajar di beberapa SMP dan SMA/MA/SMK yang ada di Kota Malang dan Kota Batu.

Matursuwun mbak, Selamat dan terus berprestasi ya mbak.
~ matursuwun ustadz.matursuwun untuk Al Islam yang telah mengantarkan kami untuk bisa seperti ini.

Semoga bermanfaat dan menjadi motivasi bagi adik-adik siswa Al Islam untuk lebih giat dalam belajar. Kita harus yakin semua bisa diraih apa bila mau tekun belajar.


Comments

One response to “Wawancara Eksklusif dengan Ilma “Alumni Al Islam berprestasi”, Wisudawan terbaik dan tercepat di Universitas Brawijaya 2024”

  1. Imam Suhadi H. Avatar
    Imam Suhadi H.

    Congrats ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *