Ready to Lead and Ready to be Led, Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam Mengadakan Navation X-XVII untuk Menanamkan Jiwa Kepemimpinan dan Keorganisasian

Kullukum ra’in, setiap kalian adalah pemimpin. Ready to lead and ready to be led, yang artinya sanggup memimpin dan siap dipimpin, itulah organisasi. Organisasi dan kepemimpinan adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan. Organisasi bisa berjalan dengan baik jika kepemimpinannya baik, begitupun sebaliknya, kepemimpinan akan baik jika seluruh anggota dan proses di dalam organisasi juga baik. Waktu demi waktu telah berlalu. Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam periode 2022/2023 telah menuangkan ide cemerlang, tenaga, waktu, dan asa pada masa khidmat-nya. Jumat, 06 Oktober 2023 akhirnya Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam mengadakan program kerja yang terakhir, yakni Navation X-XVII di Rumah Peradaban Desa Siwalan, Mlarak Ponorogo. Acara tersebut diikuti oleh seluruh anggota Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam periode 2023/2024 mendatang.

Acara Navation X-XVII dimulai dari pukul 07.15 WIB. Seluruh anggota Komunitas Ilmiah Santri (KIS) periode 2023/2024 mendatang berjalan kaki dari Pondok Pesantren Al-Islam menuju ke Rumah Peradaban di Desa Siwalan. Acara dibuka dengan penyampaian materi oleh alumni Komunitas Ilmiah Santri (KIS) 2016, yakni Kak Risalatul Muawanah dengan materi “Keorganisasian”. Acara berlangsung dengan sangat khidmat. Selain penyampaian materi oleh Kak Risa, anggota KIS yang baru juga sangat aktif bertanya dan maju ke depan. Hal-hal tersebut bisa menanamkan rasa percaya diri pada diri anggota.

Setelah materi keorganisasian, selanjutnya materi kepemimpinan yang disampaikan oleh alumni Komunitas Ilmiah Santri (KIS) tahun 2015, yakni Kak Ibnu Hamdan Muzakki.

Materi kepemimpinan dan keorganisasian menjadi bekal para anggota Komunitas Ilmiah Santri (KIS) 2023/2024 untuk mengabdi, dan menjalankan tugas-tugasnya selama menjadi anggota.

Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam adalah wadah kreatifitas santri guna menyongsong peradaban. Sebagai santri tidak hanya bergelut dengan pensil dan pena di kelas saja, akan tetapi juga mengembangkan ide dan kreatifitasnya di dalam organisasi melalui program kerja yang akan dilaksanakan kedepannya. Tentunya program kerja tersebut dapat menjadi bekal seluruh anggota untuk masa depannya. 

Agenda selanjutnya adalah pelantikan anggota Komunitas Ilmiah Santri (KIS) masa khidmat 2023/2024 oleh Ustaz Achmad Slamet, S.Pd.I. Pelantikan tersebut disaksikan oleh seluruh anggota Komunitas Ilmiah Santri (KIS) 2022/2023, pembimbing, dan para alumni Komunitas Ilmiah Santri (KIS).

Kata demi kata terucap dengan baik. Berjanji di bawah mushaf Al-Qur’an, seluruh anggota bertekad untuk berkhidmat di Komunitas Ilmiah Santri (KIS) periode 2023/2024. Pelantikan usai, seluruh peserta beristirahat dan sholat. Navation X-XVII terus berlangsung. Seusai sholat, seluruh peserta mengikuti outbound yang diadakan oleh Komunitas Ilmiah Santri (KIS) periode sebelumnya. Acara tersebut berlangsung dengan sangat seru. Seluruh anggota menikmati dan mengikutinya dengan antusias.

Akhirnya acara telah usai. Selepas outbound seluruh peserta kembali ke Pondok Pesantren Al-Islam dengan berjalan kaki. 

Adanya kegiatan Navation X-XVII yang ditujukan untuk anggota baru, diharapkan untuk memetik apa yang telah didapatkan untuk bekal ke depannya. Seperti hadits Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi “khoirunnaas anfa’uhum linnaaas“, yang artinya, sebaik-baiknya manusia adalah yang memberikan manfaat kepada manusia yang lain.

Navation X-XVII berjalan dengan baik dari awal hingga akhir acara. Kelancaran acara tersebut tentu tidak lepas dari peran seluruh elemen, terutama panitia yang merupakan seluruh anggota Komunitas Ilmiah Santri (KIS) masa khidmat 2022-2023. Terima kasih atas perjuangannya, terima kasih atas dedikasinya dan terima kasih untuk seluruh asa yang telah diberikan. Semoga kebaikan yang telah tersampaikan bisa membawa manfaat untuk masa depan masing-masing anggota. Aamiin. (Ustadzah Ani Hidayatul Munawaroh)


Comments

2 responses to “Ready to Lead and Ready to be Led, Komunitas Ilmiah Santri (KIS) Al-Islam Mengadakan Navation X-XVII untuk Menanamkan Jiwa Kepemimpinan dan Keorganisasian”

  1. hamba Allah Avatar
    hamba Allah

    sip

  2. Siapa ya Avatar

    Wak kerenn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *