Pimpinan Pondok Al-Islam Joresan Lantik Patroli Keamanan Pondok

Patroli kemanan Pondok atau disingkat PKP adalah sebuah organisasi santri di Pondok yang dibentuk untuk membantu menjaga ketertiban dan keamanan Pondok. Organisasi ini sama dengan PKS yang berada di sekolah atau madrasah pada umumnya. PKP yang dibentuk terdiri dari para santri yang dipilih dan diseleksi oleh pembina PKS beserta anggota PKS sebelumnya. Tugas utama PKP adalah menjaga kemanan Pondok, mengawasi pelaksanaan tata tertib pondok, membantu pengamanan siswa saat menyebrang ketika tiba di pondok maupun saat pulang dari pondok.

Anggota yang telah dipilih tersebut selanjutnya akan mendapatkan pelatihan PKS dari satlantas Polres Ponorogo. Pelatihan PKS tahun 2023 di Pondok Al Islam Joresan dilaksanakan selama 7 hari, pada tanggal 11 – 18 September 2023. Pelatihan ini diikuti oleh 30 orang calon anggota PKP. Pemateri dalam pelatihan ini adalah anggota kepolisian dari Satlantas Polres Ponorogo dan Koramil Mlarak. Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan ini adalah pengenalan PKS, teori Gatur Lantas, pengenalan PBB, Gatur Lantas, Senam Lantas, serta praktek lapangan Gatur Lantas. Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan santri tentang Patroli Keamanan Sekolah (PKS), membekali calon anggota PKS dengan kemampuan penerapan keamanan sekolah sehingga dapat menerapkannya dalam menjaga kemanan serta ketertiban di sekolah.

Setelah menyelesaikan Diklat, Sabtu, 2 dilaksanakan pada hari Rabu, 23 September 2023 bersamaan dengan upacara Apel Mingguan di lapangan Pondok Pesantren Al Islam Joresan, diadakan Pelantikan PKP oleh Direktur Pondok Pesantren Al Islam Drs H . Usman Yudi,M.PdI.

Beliau berpesan bahwa anggota PKP mengemban tugas yang mulia dengan membantu pondok menjaga kemanan dan ketertiban Pondok.

Dengan dilantiknya anggota baru ini diharapkan para anggota PKP dapat menjadi pelopor kedisiplinan di sekolah, serta mempunyai kompetensi yang memadai dalam melaksanakan tugasnya.

Sebelum dilantik,para anggota PKP mendapatkan beberapa materi dalam diklat PKP. para santri dilatih menjadi semacam “polisi sekolah”. Tidak hanya itu saja banyak sekali pengetahuan yang didapat oleh seorang anggota PKS. Mereka diberi pelajaran mengenai Narkoba dan Kenakalan Remaja, supaya mereka tahu betapa membahayakannya Narkoba itu. Latihan Baris berbaris, kedisiplinan, kekompakan, terutama Gerakan-gerakan pengaturan lalu lintas, yang biasanya di terapkan di lingkungan sekolah masing-masing. Selain itu semua tugas PKS juga menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan sekolah.
Janji PKS yang lebih dikenal dengan istilah HASTA PRASETYA PKS:
Kami anggota PKS :
1.Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.Mengabdi kepada Negara dan Pancasila.
3.Membela kebenaran dan keadilan.
4.Menjunjung tinggi nama baik sekolah dan PKS.
5.Bergerak, bertindak dengan disiplin, Tegas dan bertanggungjawab.
6.Cepat dan tepat dalam mengambil keputusan.
7.Menjaga moralitas sesama anggota.
8.Siap menempatkan diri dalam masyarakat.

Sedangkan MOTTO PKS adalah:
1.Senyum, Sapa Dan Salam.
2.Tekadku Pengabdian Terbaik.
3.Sukses Melalui Kebersamaan.
4.Senyummu Adalah Suksesku.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *