Bedah Rapor Madrasah Hasil ANBK 2025: Rangkaian PKG MA Al Islam Joresan Menuju Madrasah yang BERKAH.

Dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan memperkuat budaya reflektif di lingkungan madrasah, MA Al Islam Joresan menyelenggarakan kegiatan “Bedah Rapor Madrasah” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 25 Oktober 2025, bertempat di Aula Ibnu Hajar lantai II.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Penilaian Kinerja Guru (PKG) yang dimanfaatkan secara optimal untuk menganalisis hasil Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) 2025 sebagai pijakan menuju madrasah yang lebih unggul dan berdaya saing.

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru (PKG) di MA Al-Islam Joresan berfungsi untuk mengevaluasi dan meningkatkan profesionalisme guru dalam aspek pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. PKG dilakukan secara berkala melalui observasi kelas, penilaian dokumen pembelajaran, refleksi diri, dan umpan balik dari rekan sejawat maupun kepala madrasah. Hasilnya digunakan untuk pengembangan kompetensi guru, perencanaan pelatihan, serta pertimbangan tunjangan profesi dan sertifikasi, dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

Dengan mengusung tema “Menuju Madrasah yang BERKAH”, kegiatan ini menjadi ajang refleksi bersama bagi seluruh guru dan tenaga kependidikan untuk membaca, memahami, dan menindaklanjuti hasil capaian kinerja madrasah selama satu tahun terakhir.

Makna BERKAH: Nilai dan Arah Gerak Madrasah.
Istilah BERKAH bukan sekadar slogan, melainkan akronim dari nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman seluruh warga madrasah:

  1. Berprestasi.
    Mendorong setiap guru dan siswa untuk terus berinovasi dan berkompetisi secara sehat, menjadikan prestasi sebagai hasil dari proses belajar yang disiplin, kreatif, dan pantang menyerah.
  2. Edukatif.
    Menumbuhkan suasana belajar yang bermakna, inspiratif, dan berorientasi pada pengembangan potensi peserta didik.
  3. Religius.
    Menjadikan nilai-nilai keimanan dan ketakwaan serta Akhlakul Karimah sebagai fondasi utama dalam setiap aktivitas madrasah.
  4. Kolaboratif.
    Menguatkan sinergi antara guru, siswa, orang tua, dan masyarakat demi kemajuan bersama.
  5. Adaptif.
    Siap beradaptasi dengan perkembangan zaman, terutama dalam menghadapi tantangan era digital dan globalisasi.
  6. Humanis.
    Membangun lingkungan yang peduli, inklusif, dan menghargai perbedaan, sehingga madrasah menjadi tempat yang nyaman dan penuh kasih.

Refleksi dan Arah Perbaikan dari hasil Raport Madrasah.
Kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Madrasah, Bapak Imron Ahmadi, yang menegaskan pentingnya semangat kebersamaan dalam membaca dan menindaklanjuti hasil rapor madrasah. Beliau mengajak seluruh pendidik untuk menjadikan kegiatan ini sebagai momentum introspeksi dan perbaikan berkelanjutan.

Sementara itu, Pengawas Madrasah, Bapak Drs. H. Maskur, M.Pd dan ibu Iswahyuti,M.Pd, memberikan pembinaan serta arahan terkait pentingnya evaluasi berbasis data dan kolaborasi antar lembaga pendidikan. Beliau juga menyampaikan apresiasi atas inisiatif MA Al Islam Joresan dalam memanfaatkan hasil ANBK sebagai dasar peningkatan mutu secara nyata.

Meneguhkan Komitmen Menuju Madrasah yang BERKAH.
Melalui kegiatan “Bedah Rapor Madrasah” ini, diharapkan seluruh warga MA Al Islam Joresan semakin solid, reflektif, dan berkomitmen dalam mewujudkan madrasah yang BERKAH — Berprestasi, Edukatif, Religius, Kolaboratif, Adaptif, dan Humanis.

MA Al Islam Joresan terus berikhtiar menjadi lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya unggul dalam akademik, tetapi juga membentuk generasi berakhlakul karimah yang siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *