Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Aliyah Al Islam Joresan, Evaluasi Kepemimpinan yang Profesional dan Akuntabel.

Dalam rangka meningkatkan mutu kepemimpinan dan akuntabilitas pengelolaan madrasah, Madrasah Aliyah Al Islam Joresan melaksanakan kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) pada hari Sabtu, 25 Oktober 2025.

Kegiatan ini bertujuan untuk menilai capaian kinerja Kepala Madrasah dalam bidang manajerial, supervisi akademik, pengembangan kewirausahaan, serta peran sosial, sebagai bentuk evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pimpinan madrasah.

Pelaksanaan PKKM dilakukan oleh pengawas madrasah dari Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, yaitu:

  1. Drs. H. Maskur, M.Pd.
  2. Iswahyuti, M.Pd.

Kegiatan berlangsung dengan suasana yang komunikatif dan penuh semangat pembinaan. Para pengawas menelaah berbagai dokumen pendukung kinerja, hasil program madrasah, serta berdialog langsung dengan Kepala Madrasah, guru, dan tenaga kependidikan.

Dalam sambutannya, Bapak Imron Ahmadi, S.Ag., selaku Kepala Madrasah Aliyah Al Islam Joresan, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas kehadiran tim pengawas. Beliau menegaskan bahwa kegiatan PKKM merupakan sarana penting untuk refleksi dan peningkatan kualitas kepemimpinan madrasah.

“PKKM bukan sekadar proses evaluasi administratif, tetapi menjadi ruang pembelajaran bagi kami untuk terus memperbaiki, berinovasi, dan berkhidmat demi kemajuan madrasah. Kami berkomitmen menjadikan MA Al Islam Joresan sebagai madrasah yang BERKAH — membawa manfaat dan keberkahan bagi peserta didik, masyarakat, serta dunia pendidikan Islam,” ungkap beliau.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Maskur, M.Pd. dan Iswahyuti, M.Pd. turut memberikan pembinaan dan motivasi kepada Kepala Madrasah beserta jajaran pendidik. Mereka menekankan pentingnya peran kepala madrasah sebagai penggerak perubahan, teladan, dan inspirator dalam menciptakan lingkungan belajar yang produktif dan bernilai spiritual.

“Kepala madrasah saat ini tidak hanya menjadi manajer, tetapi juga inovator dan motivator. Pemimpin madrasah harus mampu membaca perubahan zaman, menggerakkan potensi guru, dan menghadirkan pembelajaran yang relevan bagi generasi modern,” pesan salah satu pengawas dalam arahannya.

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah mencakup:

  1. Pengembangan madrasah
  2. Kewirausahaan
  3. Management madrasah
  4. Penilaian Kinerja Guru

Dalam paparan presentasinya kepala Madrasah menyampaikan Visi MA Al Islam Joresan sebagai pijakan program 4 tahun kedepan yaitu:

“Terwujudnya Madrasah yang BERKAH — Berprestasi, Edukatif, Religius, Kolaboratif, Adaptif, dan Humanis.”

Nilai-nilai dalam visi tersebut diwujudkan dalam kehidupan dan budaya madrasah melalui berbagai program unggulan, antara lain:

  1. Berprestasi: Mengembangkan potensi siswa dan guru dalam bidang akademik maupun non-akademik.
  2. Edukatif: Mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, dan berkarakter.
  3. Religius: Menumbuhkan akhlak mulia melalui pembiasaan ibadah dan kegiatan keagamaan.
  4. Kolaboratif: Membangun sinergi antara madrasah, keluarga, dan masyarakat.
  5. Adaptif: Menyesuaikan strategi pembelajaran dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman.
  6. Humanis: Menanamkan nilai-nilai kemanusiaan, kepedulian sosial, dan empati di lingkungan madrasah.

Dengan terlaksananya PKKM tahun 2025 ini, diharapkan kepemimpinan di Madrasah Aliyah Al Islam Joresan semakin profesional, transparan, dan berorientasi pada peningkatan mutu layanan pendidikan. Semoga semangat “BERKAH” terus menjadi dasar dalam setiap langkah pengabdian dan inovasi madrasah.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *