Madrasah Aliyah Al Islam Joresan mengadakan Diseminasi Tindak lanjut hasil AKMI 2024. Skenario Pembelajaran Berbasis Literasi untuk meningkatkan kualitas Pendidikan di Madrasah digelar pada hari Sabtu,9 Oktober 2024.
Bertempat di laboratorium Bahasa MA Al Islam Joresan, kegiatan peningkatan kompetensi ini diikuti perwakilan guru tiap jenjang kelas sebanyak 20 guru mata pelajaran.
AKMI merupakan wujud komitmen Kementerian Agama dalam menghadirkan pendidikan Islam yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Melalui AKMI, Kementerian Agama berusaha memastikan bahwa peserta didik madrasah memiliki kompetensi yang mampu berkontribusi pada pencapaian Indonesia Emas 2045.
AKMI yang telah dilaksanakan sebanyak 4 kali ini dan harapkan Siswa madrasah yang telah mengikuti AKMI otomatis memiliki rapor diagnosis individu yang dapat dijadikan dasar pemberian pembelajaran terdiferensiasi sebagaimana dituntut dalam dunia pendidikan masa depan.
Turut hadir dalam acara ini Kepala MA Al Islam Joresan Imron Ahmadi , S.Ag, Pembantu Kepala Madrasah bidang Kurikulum Muh.Syamsul Huda,S.PdI dan jajaran guru guru yang mendapat tugas mengawal tindak lanjut hasil AKMI.
Dalam sambutannya, Kepala Madrasah Imron Ahmadi, S.Ag, saat membuka kegiatan Desiminasi ini mengatakan bahwa, ” Dengan diseminasi tindak lanjut hasil AKMI ini, kita harapkan hasil AKMI dapat tersosialisasi dengan maksimal. Selain itu, kita juga harus memastikan perubahan dalam pembelajaran terjadi, sebagai upaya pengembangan dan pemanfaatan hasil AKMI dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah.” ujar Imron.
Diharapkan, Diseminasi ini menghasilkan output laporan hasil AKMI secara makro terkait capaian kompetensi siswa madrasah, serta dokumen dan notulensi praktik baik tindak lanjut perbaikan pembelajaran berdasarkan hasil AKMI untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menuju madrasah maju, bermutu, dan mendunia.
Setelah sambutan kepala madrasah, dilanjutkan pemaparan oleh 2 orang guru MA Al Islam Joresan yang telah mengikuti kegiatan Bintek Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) tahun 2024 yaitu Nila Eka Pravitasari, S.Pd.(Guru Fisika) dan Diyah Mukaromah,S.Pd, (Guru Bahasa Indonesia), kemudian hasil Bintek tersebut diseminasikan kepada Kepala Madrasah, PKM dan perwakilan Guru mata pelajaran.
Kegiatan diseminasi ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bintek selama lima hari, yang dilaksanakan oleh 2 guru MA Al Islam Joresan. Dalam diseminasi ini para pemateri menjelaskan tentang AKMI mulai dari pengertian, dasar hukum, tujuan, manfaat, hasil dan tindak lanjut.
AKMI ini sebagai baseline informasi untuk penentuan kebijakan peningkatan pendidikan Madrasah. Tujuan asesmen tersebut untuk meningkatkan mutu pembelajaran, mendiagnostik, dirancang untuk menghasilkan informasi, dan tindak lanjut kualitas belajar mengajar. Untuk mengukur kompetensi siswa Madrasah dalam berliterasi dan berpikir tingkat tinggi pada empat literasi, yaitu Literasi Membaca, Literasi Numerasi, Literasi Sains, dan Literasi Sosial Budaya.
” Dengan adanya AKMI akan memiliki diagnostik yang kuat, untuk dapat menentukan kebijakan mutu pendidikan Madrasah, memperbaiki mutu pembelajaran, meningkatkan kapasitas guru, serta membangun budaya, ” Kata Nila Eka selaku pemateri dalam menyampaikan desiminasinya.
Hal senada juga disampaikan oleh pemateri kedua, Diyah Mukaromah, yang notabene guru mata pelajaran bahasa Indonesia, ” Hasil dari Diseminasi AKMI 2024 ini diharapkan dapat ditindaklanjuti dalam tindakan nyata oleh semua pihak, baik guru, peserta didik, yang memiliki potensi dan bisa memberikan kontribusi pada perbaikan pendidikan di madrasah. Menjadikan madrasah mendunia yang yang memiliki daya saing global, baik dalam kualitas lulusan, metode pembelajaran, maupun kolaborasi internasional,” tandasnya.
Dengan rasa syukur, kita menutup kegiatan Diseminasi hari ini. Terima kasih kepada dua guru kita yang telah berbagi ilmu dan pengalaman dengan tulus. Semoga semangat kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MA Al Islam Joresan semakin berkah. Sesuai tagline Madrasah kita Al Islam Berkah, yaitu Berprestasi, Edukatif, Relegius, Kolaboratif, Adaptif, Humanis.
Leave a Reply