Siapkan Life Skill Siswa, MA AL ISLAM JORESAN Gelar P5P2RA dengan mengkolaborasikan materi Ubudiyah dan Amaliyah

Pendidikan abad 21 menuntut generasi muda untuk memiliki keterampilan yang lebih kompleks dan memiliki life skill, diantaranya jiwa kewirausahaan, melestarikan budaya, dan berketerampilan Kreativitas menjadi modal utama bagi siswa dalam mengembangkan ide-ide inovatif dan membangun usaha mereka sendiri.

Program P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatal lil’alamiin yang dilaksanakan di MA Al Islam Joresan memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan, mengembangkan budaya, memiliki keterampilan diri yang tepat guna dan bermanfaat dalam kehidupan Sosial.

Untuk mewujudkan hal diatas Tim Pelaksana Modul Ajar P5P2RA (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatal lil’lamiin) memilih 3 sub tema pada tahun pelajaran 2024/2025 yang digelar pada hari Selasa – Rabu, 15-16 Oktober 2024 yaitu:

  1. Pembuatan Alat Ukur Arah kiblat.
  2. Pembuatan pupuk Organik Biolim.
  3. Praktek pemulasaraan Jenazah.

Kepala MA Al Islam Joresan Ponorogo, Imron Ahmadi mengatakan bahwa tiga sub tema yang dipilih ini merupakan tema-tema tepat guna untuk membentuk life skill peserta didik yang siap kerja dan bermanfaat dimasa datang.

“Pembelajaran P5P2RA juga dilakukan secara Diferensiasi. Diferensiasi adalah proses belajar mengajar dimana peserta didik mempelajari materi pelajaran berdasarkan kemampuannya, apa yang mereka sukai dan bagaimana cara belajarnya, ” kata Imron.

Pembelajaran P5P2RA ini akan terus kita kembangkan dan ditingkatkan baik kualitas maupun mutunya. Dan para pendidik akan menyajikan materinya dengan inovasi dan kreasi baru,” tutur Imron dalam mengakhiri kegiatan P5P2RA.

Sementara itu, Wakil Kurikulum, M. Samsul Huda mengatakan bahwa, pembelajaran P5P2RA perlu dirancang dan didesain dengan sebaik-baiknya. Hal ini agar peserta didik dapat melakukan investigasi, memecahkan masalah, dan mengambil keputusan. Peserta didik bekerja dalam periode waktu yang telah dijadwalkan untuk menghasilkan produk dan/atau aksi.

Sehingga menurutnya tepat dipilih tiga sub tema ini, karena ini mengkolaborasikan life skill Ubudiyah yaitu praktek pemulasaraan Jenazah dan pembuatan alat ukur arah kiblat, dengan life skill Amaliyah dan teknologi tepat guna yaitu pembuatan Pupuk Organik Biolim.

Kegiatan P5P2RA tahun ini melibatkan seluruh siswa kelas IV dan V yang langsung didampingi oleh wali kelas dan pendamping dari Guru guru MA Al Islam Joresan sendiri.
Hal ini membuktikan bahwa potensi guru dan siswa MA Al Islam yang kompak menyongsong masa depan yang gemilang.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *