MA Al Islam Joresan Terima Kunjungan pengurus F-MGMP Bahasa Arab MA se- DI. Yogyakarta.

MA Al Islam Joresan menerima kunjungan pengurus Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (F-MGMP) Bahasa Arab Madrasah Aliyah se-Daerah Istimewa Yogyakarta pada Selasa (17/9/2024). Rombongan pengurus F-MGMP yang berjumlah 4 orang guru diterima langsung oleh kepala madrasah, Imron Ahmadi,S.Ag didampingi para wakil kepala Madrasah dan Direktur Al Islam Joresan.

Kegiatan silaturahmi dan kunjungan ini sebagai awal dan survey untuk kegiatan studi tiru yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober yang akan datang yang akan diikuti oleh seluruh Anggota MGMP Bahasa Arab yang beranggotakan seluruh Madrasah Aliyah di wilayah Daerah istimewa Yogyakarta yang terdiri dari Kota jogjakarta, Kabupaten Sleman, Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo.

dimulai dengan ramah tamah di kantor Yayasan Al Islam Joresan. Ucapan selamat datang disampaikan Direktur Pondok memulai rangkaian acara silaturahmi tersebut. dilanjutkan paparan tentang pembelajaran di MA Al Islam Joresan oleh Kepala Madrasah sebagai bahan untuk perkenalan metode pembelajaran di Al Islam Joresan. Perwakilan dari pengurus F-MGMP Bahasa Arab MA se DIY bapak Badrudin menyampaikan tujuan silaturahmi ke Al Islam Joresan yaitu keinginan untuk melakukan studi Tiru tentang pembelajaran Bahasa Arab di Al Islam Joresan.
“Kami ingin melihat lebih dekat proses pembelajaran Bahasa Arab di Al Islam Joresan. Seperti informasi yang diperoleh siswa Al Islam itu input yang biasa saja, tapi outputnya terkenal luar biasa. Maka kami ingin melihat dari dekat seperti apa metode pembelajaranya.” Ujar Badrudin.

Para pengurus F-MGMP Bahasa Arab MA DIY sangat antusias mengikuti dialog, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan.
“Saya penasaran dengan Al Islam, kok bisa mengembangkan bahasa Arab, sedang siswanya ada yang laju dan ada yang mukim.” Tambah Mutmainah. Salah satu pengurus.

Ketua F-MGMP Bahasa Arab MA se-DIY, ustadz Badruddin mengungkapkan bahwa tujuan rombongan ke Al Islam Joresan ini adalah untuk silaturrahim dan studi tiru pembelajaran bahasa Arab dan pembentukan biah lughowiyyah.
“Kami mendapatkan informasi dari berbagai pihak bahwa madrasah ini layak menjadi contoh dan ditiru dalam pembelajaran bahasa Arab,” tegas ustadz Badruddin.

Lebih lanjut, ustadz Badruddin mengatakan bahwa rombongan sangat senang bisa hadir di MA Al Islam Joresan ini. “Kami merasa sangat terhormat disambut dengan penuh kekeluargaan sehingga kami mendapatkan informasi yang banyak terkait pembelajaran bahasa Arab yang selanjutnya akan diaplikasikan di sekolah kami masing-masing,” tegas ustadz Badruddin.

Rombongan sangat terkesan dengan proses pembelajaran bahasa Arab secara tematik. Ada Insya’, nahwu, mutholaah, sorof, Mantiq, balaghoh dan lain lain. “Kami sangat terkesan dengan metode ini dan bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab ” ungkap ustadzah Mutmainah salah satu peserta.

Mutmainah berharap silaturrahim akan terus berlanjut, “Saya berharap silaturrahim ini tidak hanya berhenti sampai di sini dan akan terus berlanjut lebih erat lagi,” pungkas ustadzah Mutmainah

Imron Ahmadi, kepala Madrasah menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan silaturahminya. Semoga berkah dan manfaat untuk Al Islam Joresan dan madrasah di Jogjakarta terutama dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Dengan sistem tematik ini siswa tidak hanya bisa membaca Tulisan Arab tapi lebih bisa mengembangkan dari sisi tata bahasa, susunan bahasa maupun tulisan yang benar sesuai qaidah Nahwu dan sorof.


Comments

One response to “MA Al Islam Joresan Terima Kunjungan pengurus F-MGMP Bahasa Arab MA se- DI. Yogyakarta.”

  1. imam suhadi Avatar
    imam suhadi

    incredible ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *