Pembinaan oleh Pengawas Madrasah dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Pedagogik di MA Al Islam.

Pada Kamis, 12 September 2024, bertempat di Aula Ibnu Hajar lnt.II Pondok Al Islam Joresan diadakan pembimbingan oleh pengawas madrasah dari Kementerian Agama kabupaten Ponorogo, Bapak Drs.H. Alwi Mudhofar, M.PdI.

Kegiatan pembinaan tersebut dihadiri oleh Kepala Madrasah, Bapak Imron Ahmadi,S.Ag beserta bapak/ibu guru yang sudah termasuk Guru Sertifikasi dari Madrasah Aliyah Al Islam Joresan. Pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru- guru dalam mengelola pembelajaran yang bermuara pada tercapainya tujuan pembelajaran di tengah dilaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka saat ini.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari kepala madrasah Aliyah Al Islam Joresan yang menyampaikan laporan kondisi terkini madrasah berkaitan dengan proses pembelajaran yang disesuaikan dengan Kurikulum Merdeka terutama di kelas IV dan V. Selain itu, kamad juga memaparkan perkembangan kurikulum dan kondisi madrasah.

Sebagai pengantar awal kegiatan pembinaan dari bapak pengawas, beliau menyampaikan beberapa hal. Peran beliau sebagai pengawas madrasah yang binaanya berada di Pondok pesantren lebih berat daripada sebagai pengawas di madrasah umum.

Drs Alwi Mudhofar menyampaikan materi terkait standar kompetensi yang dinamis sampai saat ini adalah ada 4:

  • standar kelulusan.
  • standar proses.
  • standar isi.
  • standar penilaian.
    Disamping 4 standar Tersebut, seorang guru harus sering melakukan Assessment, baik Asesmen Content. Asesmen sumatif dan assesmen formatif.

Perlu ditekankan juga, terkait kurikulum Merdeka sebenarnya sudah dilaksanakan di Pondok pesantren, tinggal kita pilih yang Blok atau yang tematik.

Dengan kegiatan pembinaan dan seringnya berkunjung langsung ke madrasah ,Pengawas bisa melihat langsung berbagai persoalan di madrasah dan juga menanyakan secara langsung permasalahan pembelajaran atau pihak-pihak madrasah secara langsung berkonsultasi dengan beliau. Dengan cara seperti ini, pengawas madrasah, kepala madrasah, dan guru-guru secara bersama-sama mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi tersebut.


Comments

One response to “Pembinaan oleh Pengawas Madrasah dalam Rangka Peningkatan Kompetensi Pedagogik di MA Al Islam.”

  1. imam suhadi Avatar
    imam suhadi

    Maju terus!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *