Two in One Kegiatan Magang Mahasiswa IAIN PONOROGO di Al Islam Joresan.

Ahad, 1 September 2024 ada suasana berbeda di Al Islam Joresan, hal ini tampak terutama di Aula Ibnu hajar. Ada puluhan Mahasiswa IAIN Ponorogo yang mengenakan Jas khas Almamaternya untuk melakukan kegiatan Akademiknya.

Ada 2 agenda akademik kemahasiswaan yang dipadu jadi satu kegiatan yaitu Penutupan mahasiswa Magang 1 kelompok 19 & 20 yang bertugas di MTs dan MA AL ISLAM dan Pembukaan mahasiswa magang 2 kelompok 19 & 20 yang magang di MTs & MA Al Islam Joresan.

Acara “TWO IN ONE” tersebut dihadiri Direktur PP Al-Islam Joresan Drs. H. Usman Yudi, M.Pd.I, Kepala MA Imron Ahmadi, S.Ag., Kepala MTs. Zayyini Rusyda Musytarsidah, M.Pd., Semua Guru Pamong, Dosen Pembimbing Magang Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo Zamzam Mustofa, M.Pd., dan Mughniatul Ilma, M.H., serta 63 mahasiswa peserta magang dari berbagai jurusan.

Mughniatul Ilma, M.H, Mewakili rektor dan civitas akademika IAIN PONOROGO menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pondok Pesantren Al-Islam Joresan atas kesempatan yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengembangkan kompetensi mereka. “Kami sangat berterima kasih kepada Pondok Pesantren Al-Islam Joresan yang telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa kami untuk belajar dan berkembang. Implementasi pembelajaran yang diperoleh sebelumnya sebatas teori, di pondok ini harapannya mereka dapat membantu dan mengembangkan kompetensi agar menjadi profesional,” tutur beliau. Pungkasnya.

Dosen IAIN yang sekaligus pernah belajar di Al Islam ini juga menambahkan Semoga kerjasama antara IAIN Ponorogo bersama Pondok Pesantren Al-Islam Joresan saling memberi manfaat maslahah baik bagi mahasiswa dan keluarga IAIN Ponorogo juga berkah bagi Al Islam Joresan.

Sementara itu, H. Usman Yudi, M.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada para mahasiswa yang berpartisipasi dalam program ini. Dari observasi yang telah dilakukan sebelumnya, beliau berharap mahasiswa dapat adaptif terhadap potensi dan kearifan lokal yang ada di pondok.
“Kami sangat mengapresiasi semangat mahasiswa yang dimulai dari observasi di magang I kemarin dan kini aplikasi di magang II. Kami berharap teori diperoleh di kampus dapat aplikatif untuk kemajuan pondok” ungkap direktur Pondok.

Seperti diketahui, setiap tahun selalu ada mahasiswa IAIN Ponorogo yang magang di Al Islam Joresan sebagai bentuk aplikasi dari kerjasama IAIN Ponorogo dengan madrasah binaan. Untuk tahun 2024 ini sebanyak 63 mahasiswa FTIK yang mendapatkan tugas di MTs dan MA Al Islam Joresan yang terdiri dari mahasiswa PAI,MPI, PBA, TBI,TIPA,TIPS. Yang terbagi dalam:
Magang 1 MTs:18 Mahasiswa.
Magang 1 MA: 13 Mahasiswa.
Magang 2 MTs: 18 Mahasiswa.
Magang 2 MA: 14 Mahasiswa.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *