PEMBUKAAN MAGANG I MAHASISWA IAIN PONOROGO DI AL ISLAM JORESAN

Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) dari IAIN Ponorogo memulai kegiatan magang I di Al Islam Joresan. Kegiatan Mahasiswa magang I yang terbagi kedalam kelompok 19 di MA Al Islam dan Kelompok 20 di MTs Al Islam Joresan ini resmi dibuka pada hari Sabtu (3 Agustus 2024).

Program magang yang dimulai pada tanggal 3 Agustus sampai 3 September ini, bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa dalam bidang pendidikan di Madrasah baik Tsanawiyah maupun Aliyah di Pondok Al Islam Joresan.

Acara pembukaan magang dihadiri oleh Pimpinan Pondok, Kepala MTs, kepala MA, Guru pamong, DPL dan seluruh mahasiswa kelompok 19 dan 20 yang terdiri dari mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam, Tadris IPA dan Management Pendidikan Islam sejumlah 32 mahasiswa.

Fathoni, perwakilan mahasiswa IAIN Ponorogo, meminta arahan dari pihak lembaga dan menyampaikan istilah “kulonuwun” sebagai tanda penghormatan dan permohonan izin untuk menjalankan kegiatan magang. Begitu juga mohon bimbingannya selama kegiatan magang 1 berlangsung.
“Kami berharap dapat belajar banyak dari kegiatan ini dan berkontribusi positif bagi MTs dan MA Al Islam Joresan,” ujar Fathoni.

Zam Zam Mustofa, M.Pd, selaku perwakilan Dosen Pembimbing Magang (DPM) kelompok 19 dan 20, menekankan pentingnya tanggung jawab dan keseriusan dalam melaksanakan magang.
“Lakukan kegiatan magang ini dengan penuh tanggung jawab dan keseriusan,” kata Zam zam kepada para mahasiswa.

Usman Yudi, direktur Pondok Pesantren Al Islam menyampaikan ucapan selamat datang di Pondok Al Islam. Silahkan belajar tentang tehnik pendidikan di pondok 1000 pintu.
“Di Al Islam banyak pintu yang terbuka. Oleh karena itu tinggal hati kalian yang bisa menyikapi. Kalau hati kalian baik insyaallah akan baik baik saja di Al Islam.” Ungkapnya.

Kepala Madrasah Aliyah Al Islam, Imron Ahmadi, S.Ag mewakili madrasah Aliyah dan Tsanawiyah menyambut baik kehadiran mahasiswa magang dan berharap adanya koordinasi yang baik. Sehingga tujuan mahasiswa magang akan tercapai.
“Kami sangat menerima kegiatan magang ini dan berharap mahasiswa selalu berkoordinasi dan mengkomunikasikan segala hal yang dibutuhkan,” ujar Imron.

Program Magang Satu ini merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan teori yang telah dipelajari selama perkuliahan, sekaligus belajar dari pengalaman nyata di lapangan.

Dengan semangat dan antusiasme, mereka siap untuk berkontribusi dalam proses pendidikan di MTs dan MA Al Islam Joresan serta memperdalam pemahaman mereka tentang dunia pendidikan.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa akan terlibat langsung dalam kegiatan belajar mengajar, administrasi sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler lainnya.
Hal ini diharapkan dapat membentuk mereka menjadi calon pendidik yang profesional dan berdedikasi.
“Kegiatan ini merupakan langkah awal yang penting dalam membentuk mereka menjadi calon pendidik yang profesional dan berdedikasi,” tambah Zam zam Mustofa, Dosen Pembimbing lapangan dari Madiun itu.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *