HORIZON GENERATION 53 sebagai wadah ikatan kekeluargaan Calon Alumni Al Islam 2024

Setelah hampir 2 Minggu semua santri Akhir berjibaku dengan keadaan Amaliyatut tadris, maka Sabtu, 23 Februari 2024 merupakan moment kesan dan pesan atas pelaksanaan kegiatan tersebut sekaligus penutupan dan nasehat dari kepala madrasah Aliyah dan SMK.

Amaliyah Tadris yang merupakan salah satu program bagi santri kelas akhir yaitu praktek mengajar terbimbing dan dievaluasi oleh santri kelas akhir lainnya. Dan dibimbing langsung oleh guru-guru yang ahli dalam bidangnya. Amaliyah Tadris mirip dengan mikro teaching yang dilakukan oleh mahasiswa di kampus-kampus pada umumnya. Tujuan kegiatan Amaliyatut tadris adalah akan lahir generasi yang ideal pula. Ideal dalam bertindak, berpikir, dan bergerak.

Sebelum maju untuk praktek mengajar, para santri kelas akhir sudah dibekali tentang metode mengajar (thariqah), materi yang akan disampaikan (maadah), bahasa yang akan digunakan (lughah), kepribadian guru ketika mengajar (ahwal mudarris), agar menjadi mudarris yang profesional. Selain itu, cara mengkritik (darsun an-naqd) juga disampaikan saat pembekalan agar santri belajar mengkritik dan mengevaluasi santri lainnya dengan baik.

Setelah praktek mengajar (Amaliyatut Tadris) diadakan kegaitan Darsun an-Naqd atau kegiatan Mengkritik Proses Belajar dan Mengajar, kegiatan inilah yang tidak kalah menarik dan menantang selain menjadi guru praktikan. Karena kritikan membangun yang ditulis oleh teman kelompoknya, akan dibahas dalam forum bersama guru pembimbing/ musyrif dan teman-teman kelompoknya, selain itu yang mengkritik juga harus dapat dipertanggung jawabkan dan memberi islah/pembetulan dari yang salah tersebut.

https://www.high-endrolex.com/44

Setelah kegiatan “merawat Tradisi dan merespon modernisasi” ini mungkin ada rasa kurang pas karena antara santri saling kritik “membangun” atas pelaksanaan Amaliyatut tadris masing-masing. Sehingga perlu dibangun kembali rasa kebersamaan dan ikatan keluarga dengan diadakan foto bersama seluruh santri Akhir beserta wali kelas dan pimpinan pondok.

Horizon Generation 53 dijadikan ikon calon alumni angkatan 2024. Istilah tersebut menurut Jihan salah satu perwakilan santri Akhir merupakan kesepakatan semua kelas akhir. Harizon mempunyai arti cakrawala, dengan harapan setelah kita lulus dari Al Islam mampu menggapai mimpi setinggi cakrawala di langit. Adapun 53 adalah kami merupakan Alumni angkatan Al-Islam ke 53 sejak Al Islam berdiri tahun 1966. Bravo HORIZON GENERATION 53.


Comments

4 responses to “HORIZON GENERATION 53 sebagai wadah ikatan kekeluargaan Calon Alumni Al Islam 2024”

  1. Uswatun Hasanah Avatar
    Uswatun Hasanah

    The best Generation✨

  2. Zahra Rahmawati Avatar
    Zahra Rahmawati

    Sangat bangga pada pencapain kelas 6 ini.
    Semuanya berjalan dengan lancar dan seperti yang diharapkan
    Semoga bisa menjadi santri yang lulus dengan Khusnul khatimah
    Aamiin…..

    1. Aamiin, terimakasih.

    2. Aamiin, terimakasih atas supportnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *