MA AL ISLAM JORESAN MENGUNDANG WALI SANTRI KELAS VI DALAM RANGKA SOSIALISASI PROGRAM KELAS AKHIR DAN JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI

Salah satu tugas Madrasah adalah memberikan layanan yang terbaik dan informasi yang lengkap kepada siswa peserta didiknya. Begitu juga MA Al Islam Joresan berusaha terus berupaya menyampaikan informasi kegiatan kelas akhir sekaligus memberikan bimbingan kepada siswa akhirnya untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi maupun mengembangkan kariernya setelah selesai studinya di Al Islam pada hari Sabtu, 19 Oktober 2024.

Dimulai dengan pembacaan Tahlil oleh ust.Minhaji Qowim sebagai tradisi positif yang selalu ada di Al Islam, dan dilanjutkan oleh Pimpinan pondok pesantren Al Islam Joresan yang diwakili oleh Wadir Humas dan Kesiswaan Ust.Imam Sujono.

Wadir menyampaikan permohonan maaf karena Direktur Pondok berhalangan hadir karena kegiatan lain yang tidak bisa ditinggalkan. Disamping juga menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat Datang kepada semua wali santri kelas VI.

Imron Ahmadi, Kepala MA Al Islam Joresan menyampaikan dalam sambutannya permohonan kerja sama antara pondok, madrasah dan wali santri dalam membimbing putra putrinya di masa masa akhir belajar di Al Islam Joresan. Disampaikan juga banyaknya kegiatan akhir bagi kelas akhir.
Antara lain:

  • Bulan November – Desember 2024: Ujian Semester ganjil tapel 2024/2025.
  • Awal bulan Januari 2025: Kunjungan Kampus.
  • Februari 2025: Praktek mengajar/amaliyatut tadris.
  • Maret – April: Ujian dan kegiatan akhir kelas VI.

Disamping kegiatan diatas, berbarengan juga kegiatan

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2025. Berdasarkan jadwal yang sudah dirilis dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan dimulai bulan Januari – Februari 2024.

Namun, sebenarnya rangkaian pra pendaftaran sudah dimulai sejak Desember 2024. Untuk menghadapi hal tersebut, MA Al Islam Joresan melakukan sosialisasi kepada orang tua/ wali yang putra-putrinya mendapatkan kesempatan untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri dengan jalur presatasi/raport.

Selain memberikan informasi SNMPTN tim yang sudah dibentuk juga menjelaskan jalur masuk lainnya seperti, SNBP, SNBT, SPAN-PTKIN, UM PTKIN dan Seleksi Mandiri.

Dengan padatnya kegiatan kelas Akhir itu, maka kamad meminta kepada orang tua/wali siswa kelas VI untuk terus menjalin berkomunikasi kepada putra putrinya agar tidak terjadi perbedaan pendapat dan keinginan. juga dihimbau agar pilihan jurusan tidak hanya disesuaikan dengan keinginan, tetapi juga sesuai nilai dan kemampuan yang dimiliki siswa.

Bahkan Koordinator Bimbingan Konseling, Tri Anita Zumaroh mengatakan siap melakukan konseling penjurusan siswa-siswi yang terdaftar 40% untuk memilih mendaftaran jalur SNBP. juga SMBT, SPAN-PTKIN, UM PTKIN dan Seleksi Mandiri.

Setelah selesai acara formal, semua Wali santri dipersilahkan diskusi dan silaturahmi dengan wali kelas untuk mengetahui potensi, bakat, kemampuan dan karakteristik siswa di kelas dan di madrasah.


Comments

One response to “MA AL ISLAM JORESAN MENGUNDANG WALI SANTRI KELAS VI DALAM RANGKA SOSIALISASI PROGRAM KELAS AKHIR DAN JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI”

  1. Kang yan Avatar

    Luar biasa, penting sekali komunikasi /koordinasi antara fihak Madrasah dg orang tua santri biar terjalin hubungan yg baik sehingga menghasilkan yg lebih baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *